Unforgetable... Aku Apes...Ceblok.. iihh

Dulu waktu SMA kelas 2, ada guru olah raga yang namanya Pak Pandoyo. Sebetulnya Bapak ini sudah pensiun. Tapi dia masih suka diperbantukan ngajar. Selain praktek olahraga, dia juga memberi teori. Tiap kali masuk, kita selalu dapat materi tentang olah raga. Tapi yo ngono… materi ne wuakeh tenan. Fotokopian yang kalo dibendel mungkin setebal 2 cm untuk satu semester. Untuk menghindari anak2 yang tidak membaca, dia kasih tugas, dihalaman balik yang masih kosong di garis seperti buku, setinggi 0,75 (sik eling sampe an). Saking tebalnya buku itu sepintar2nya anak pasti amsiong moco, plus ga mungkin apal detail e. Mana kalo ulangan bukannya tentang deskripsi, tapi ga jelas yang mana yang mau di ujikan. Akhirnya, pasti jaminan kalo ulangan, seluruh anak dikelas pasti nyontek. Biasanya satu orang yang bagian buka buku, yang satunya yang bagian lihat halaman.



Suatu saat, kok ya pas waktu ulangan, aku sama emma pas giliran duduk depan sendiri dekat pintu. Aku yang ga biasa nyontek, terpaksa deh kepikiran nyontek. Tapi dasar Emma, dia merasa duduk disisi jalan, sementara aku yang duduk dekat tembok. Emma bilang kalo mending aku aja yang buka buku, dia yang nyontek aku. Sempat eyel2an sih... soale aku ga yakin bisa., akhire aku setuju lek aku sing bagian buka buku.

Soal yang diujikan banyak banget, karena waktu terbatas, aku harus nulis kilat. Emma sempat keteteran ngejar nulis jawaban. Giliran aku balik lembar jawaban untuk pindah ke halaman baliknya, ternyata Emma belum selesai. Emma horek ae supoyo aku mbalik lembar jawaban e. Sementara aku ngotot.. ”sik ma, kurang tithik. Nanggung, mengko ben awakmu sisan enak” lha emmanya juga ga mau kalah ”mendingan nulise barengan wae” yo wis lah.. timbang rame.. aku setuju mbalik halaman jawaban. Karena tangan kanan pegang bolpen, tangan kiri pegang buku dibawah meja, untuk mbalik halaman jawaban aku pakai tangan kiri. Tapi belum selesai mbalik halaman jawaban... slurut.......................... BUK.. tau apa yang terjadi? Buku yang tak pake nyontek itu ceblok... aduh.. mati kowe... piye iki.. pas lungguh ngarep dhewe sisan?? Emma langsung pura2 ga tau.. nundhuk thok. Edan, semprul, mendhem.. yo ngono... lali konco ne... menyelamatkan diri sendiri... mana tau sendiri kalo kelas pas ujian itu pasti sepi, dan buku yang jatuh lumayan berat. Bisa bayangkan to suarane sing menggelegar?

Ketty sama pipit yang duduk di belakang ketawa sampe sakit perut. Bolpennya gemeter saking ngempet ketawa, ga bisa nulis jawaban selanjutnya gara2 ketawa.

Pak Pandoyo langsung kasih wejangan2 panjang lebar. Tapi dia nda tau yang nyontek siapa. Cuman yo ngono... wejangan e persis nang ngarep mejo ku.. sementara buku olah raga dengan manisnya ada di depan kakinya.. wis... ndungo sing akeh supoyo de e ga ndelok... Ternyata doa terkabul... Gitu ya pas pandoyo pergi, emma sibuk lagi minta contekan.. wis.. wis..Begitu pak Pandoyo kembali keluar kelas.. aku langsung ngomel2 sama emma, tapi cuek ae de e takon " yan.. ayo balik en jawaban e mumpung wong e metu..." dasar mendem. Eruh ngono Emma ae sing bagian buka buku.

Sisan iku ae lah.. nyontek2. Besok2 biar orang yang lebih profesional yang melakukan. Ha ha ha Tiap kali ketemu teman SMA pasti yang ini yang diingat..

1 comments:

Anonymoussaid...

pak Pandoyo wes ra ono non, semoga Allah mengampuni segala khilaf dan menerima semua amal ibadah beliau, Amiin.
Allahummaghfirlahu wa afihii wa'fu-anhu. Amiin...!

 
© free template by Blogspot tutorial