lek iki jan bodho tenan! efek samping password yang sama

Ini cerita yang mendasari aku sekarang jadi suka baca jurnal dan bacaan dunia kesehatan. Sebelum kejadian ini sih aku juga kadang2 baca. Tergantung topiknya menarik apa nda. Juga tergantung ulasannya enak dibaca apa nda. Kebetulan sering dapat kiriman jurnal, kalau nda gitu ya makalah2 simposium yang dibawa mama.

Waktu itu aku ada dibulan 4, tahun pertama aku kuliah, aku baca2 ulasan tentang tumor payudara. Ulasan dokter itu bagus banget, sampe bikin aku cari info lebih dalam di perpustakaan. Pokok e nggethu pol. Sampai pada topik bagaimana cara SADARI (periksa payudara sendiri). Dari bacaan itu aku tahu ada juga tau ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tumor. Ada beberapa yang mungkin ada nih, pikirku. Aku ingat2 bagaimana cara SADARI, untuk di coba dirumah. Setelah yakin aku bisa hapal, aku pulang kerumah.



Di kamar aku coba satu2.. lho.. kok aku ngerasa ada yang aneh.. aku jadi ga yakin. Nunggu 10 menit... aku coba lagi. Lho... ga berubah.. tetap ada... Wah.. apa ya ini? Aku bilang ke mama. ”Ma, ini apa ya? Kok ada benjolan?.” Mama nyoba meriksa. Komentarnya mama cuman satu. ”Ayo ke dokter spesialis aja”. Nanti mama tanya ke tante nanik, dokter yang senior untuk ini siapa.

Besoknya.. langsung deh disuruh ke dokter. Sempet ga ngeh deh.. kira2 dokternya mau meriksa seperti apa ya? Begitu udah masuk ke ruang praktek, dibawa masuk ke ruang periksa sama susternya. Dokternya juga mengiringi. Dokternya bilang satu kalimat ”mbak, tolong bajunya dibuka didalam ruang periksa” DUAR...! lho.. dibuka piye? Bingung deh.. Mana aku periksa ini sendiri, ga diantar siapa2. Ada juga adiknya mama, tapi dia nunggu dimobil.kayaknya perawatnya tau deh kalo aku ini bingung. Maklum waktu itu aku masih muda banget, 18 tahun. Susternya bilang gini, ”nda papa mba.. dokternya mau meriksa. Nanti saya ada disini” Akhirnya diperiksa, dokternya bilang. ”Mba ini tumor. Lusa operasi ya?” DUAR yang kedua.. bukannya takut sih, kalo memang harus operasi, ya operasi aja. Tapi aku udah tau lamanya masa recovery. Itu yang bikin males. Soalnya aku tahu daya tahan badan ku juga ga bagus. Kalo sakit pasti lama. Dan yang pasti ga iso lungo2. Ini yang paling bikin aku alergi sama dokter bedah kalo disuruh bedah. Dokternya bikin eret2an, dia bilang kalo aku harus foto ke laboratorium bawa surat pengantar dari dia itu.

Karena lusa udah dijadwalkan operasi, besok malamnya, aku masih ingat hari aku foto itu, hari rabu. (Omong2, kenapa operasiku selalu hari kamis ya?), aku ke laboratorium yang kalo ga salah seberang PDAM. Aku kasih surat pengantar dokternya. Pegawai yang ada minta aku untuk masuk ke ruangan yang ditunjuk. ” Mba, kesana ya?” Jalan kesana deh.. sampai disana., ada mas yang lagi nyiapin alat foto. Dia bilang sebentar ya mba, saya siapin ini dulu. Terus dia bilang gini ”mba, tolong bajunya dibuka diruangan itu ya?” aku jalan ke tempat yang ditunjuk. Karena ingat pengalaman waktu di praktek dokter, kalo diminta buka baju itu berarti mau diperiksa, aku buka baju disitu dan keluar tanpa sehelai benang pun diatas. Masnya yang lagi utik2 alat foto langsung kaget.. ”Lho mba... buka baju itu berarti ganti baju sama baju yang khusus untuk foto...” HAH??? DUAR... GE LODHAK! Lho... mana ada baju gantinya??? Wong di ruang ganti ga ada baju blas kok?? Ternyata memang baju ganti itu diletakkan jauh dari ruang ganti. Dan Biasanya orang ambil baju itu untuk dibawa ke ruang ganti. SEMPRUL... aku kan ga weruh??? Aaaaaa Dan itu pertama kalinya aku punya pengalaman ke laboratorium.

Akhirnya aku cepet2 menyambar baju yang seharusnya aku pake itu, terus cepat keluar lagi untuk di foto. Muka ku wis kaya pelangi... campur setopan... merah..Ternyata aku diminta ke laboratorium untuk foto pulmones. Padahal aku ngiranya mau diperiksa dulu untuk difoto yang terkait tumor sebagai penunjang hasil dokter kemaren. Dan itu untuk foto perkiraan seberapa besar FAM nya. ADUH ... dasar bodo tenan aku iki....Sialan... yang bagian foto iki kok yo bathi tenan. Sampe sekarang aja aku suka sebel sama kegoblokanku. Mas e entuk tontonan gratis, malah aku sing mbayar.... aaaaaaa

Sejak itu aku semakin rajin cari info atau pun baca2 terutama kalo yang berhubungan sama sakitku, biar aku bukan dokter kayak eyang, mama, tante atau sepupuku yang lain. Paling nda, aku tau aku mau diapakan, ada proses apa, etc. Atau misalnya, supaya ga bodho buka baju sembarangan. Apa mungkin gara2 passwordnya antara dokter bedahnya sama bagian foto di laboratorium itu sama? ”mba.. tolong buka bajunya” SEMPRUL...Lha aku bener-bener kuapok banget gara2 kejadian itu.

0 comments:

 
© free template by Blogspot tutorial