Guru Ikhlas

B

ulan Mei 2009, 1 tahun kenal yang nama nya quantum ikhlas. Ikhlas.. kata yang sering dengar. Tapi lebih mengenal dan insya Allah mengerti makna nya setahun belakangan ini.

Pada waktu ikut pelatihan nya, buat saya, Guru ikhlas saya adalah cuma mas Nunu.

Setelah jalan sekian bulan, saya memahami, guru ikhlas itu ada dimana2, bisa jadi dia pengemis yang saya temui di sekitar masjid. Yang mana kala setelah saya beri dia uang dan saya tawari untuk minum bersama saya dia menolak, dan berkata: "Berikan buat pengemis yang lain, nak.. saya sudah cukup." Yang justru dengan kalimat ikhlas nya itu membuat saya senang sekali memberi buat pengemis lain atau siapa pun di sekitar saya. Yang saya miliki cuman titipan.

Tapi akhir-akhir ini saya memahami, guru ikhlas saya juga bisa orang atau situasi yang menguji saya. Alhamdulillah saya di beri kesempatan untuk bertemu situasi dan orang yang kurang enak (kurang enak lebih enak di dengarkan dan dirasa dari pada kalau saya bilang itu menyebalkan. he he he..) Saya lebih mengatur kalimat yang saya ucapkan, saya pikirkan dan saya rasakan. Justru dengan kejadian kurang enak itu, sekarang saya senang-senang aja.

Seperti kalimat yang sengaja saya tulis di laptop kerja saya, supaya saya selalu ingat:
"Tidak ada satupun hamba Ku yang ikhlas ku ambil harta yang Ku berikan padanya kecuali untuk ku ganti dengan yang lebih baik. Tidak ada satupun hamba Ku yang ridha dengan bala yang ku timpakan pada nya kecuali Ku naik kan derajat nya. Dan tidak ada satupun hamba ku yang bersyukur, kecuali Ku tambah Nikmat-Ku untuk nya."

Jadi apa pun yang terjadi, sekarang saya senang terus. Kadang emosi juga naik turun, tapi ingat janji Allah di atas tadi, dapat kejadian kurang enak, itu juga guru ikhlas. Kan mau di ganti yang lebih baik... Nah...senang-senang aja terus.. :) bersyukur aja terus...semua yang ada di kehidupan kita itu guru ikhlas, yang membuat kita menjadi lebih baik. Rasakan dengan hati yang tetap besyukur. Diterima tanpa di komentari.

Sabar.. Fokus...Syukur... Tenang... Bahagia...

Semua yang menyenangkan dan yang di ingin kan, yang ada di daftar sedang di proses untuk di kabulkan. AMINNNNN :)

Bagaimana pun, terima kasih buat mas Nunu, guru ikhlas saya yang sudah mau berbagi ilmu nya, membuat saya lebih oooo gitu to...Juga teman2 pejuang ikhlas yang juga menjadi guru ikhlas buat saya. Guru ikhlas yang ada dimana2.

Ayuk di rasa bareng... keinginan2 sedang di proses... alhamdulillah....senang sekali...
Wuah... sudah kelihatan tuh.....Lancar deh semua nya.
Written last Saturday. • Comment • LikeUnlike
You, Endrasari Ais W, Beny Subiantono, Isna Ahmad and 9 others like this.
Endrasari Ais W, Beny Subiantono, Isna Ahmad and 9 others like this.
at 11:05 on 03 May
cerita awal kurang lebih sama. dg tau qi dan zi, lebih bisa 'ngeh' dg ajaran2 kuno yg isinya keikhlasan. aku rasa.. kita jadi ketemu krn kita memang 'mencari' di level 'quantum' dan kita diketemukan dg 'guru'nya..

at 11:10 on 03 May
Thanks Di, moga jadi 'pengingat' utk senantiasa berbaik sangka trhdp smua kejadian . . .

at 13:34 on 03 May
Aku kl ngasih pengemis sll dlm hati 'bs jd pnghasilan mereka lbh bnyk dariku, tp memang bgtulah pkrjaan mereka, sy ikhlas m'berinya' (tau crita cak to d JP, pnghasilannya dari ngemis m'capai 6 jt perbulan)..
Tp bc tulisan ini, sy hrs merubahnya biar lbh adem..
'Bhw yg saya berikan adalh titipan dariNya utk mereka..'
Thanks y mbak ada tmbhn p'cerahan nih..

at 13:39 on 03 May
Yup..selalu berprasangka baik pada-NYA,pertolongan&miracle-NYA mengikuti perasaan kita.Hati kita mesti 'joy'dulu,maka semua akan berubah jadi bahagia..Enjoy ajaaa :)

at 14:03 on 03 May
Dear Dian, thanks ya...your notes always bring tears to my eyes...(dasar cengeng hehehe)

at 14:23 on 03 May
Wuah wah wah, aku terbawa oleh tulisan mbak Tristi. Kalo diteruskan lagi bisa jd buku lho. He he he... Inspiring!!!

at 14:31 on 03 May
Thanks sudah menulis kisah di atas... mengingatkan kembali untuk tetap semangat berjuang iklas...

at 14:37 on 03 May
yah...mbak emang semua kejadian/kehidupan di dunia ini adalah guru ikhlas kita...sama pengalaman kita...
saya jg mengucapkan byk terima ksh pada mas nunu yg telah membimbing, mengajari bagaimana cara menemukan 'ikhlas' itu....
byk sekali hasil dr ikhlas itu....byk skl...yg tdk kita kira....

at 15:29 on 03 May
@Ra: asyik juga ya, sama2 mencari di kuantum dan bisa ketemu secara face to face.
@An: sama2 Nic..
@Wis: sama2, saya juga masih belajar.
@Rev: di rasa enak dulu deh...kan pasti ada yang enak.. :)
@Ki: gudang air mata ku juga berliter2, mba Ki...

at 15:31 on 03 May
@Kas: alhamdulillah, kalo inspiring,bu. Berarti hidup saya tidak sia2
@Si: sama2, tulisan itu juga untuk mengingatkan saya sendiri
@Ni: bener banget... mba....

at 15:57 on 03 May
smg stiap org bs paham bhw smuanya, apapun itu, menurut mereka baik atau buruk, mereka suka atau tdk, sbnrnya adalah merupakan AMANAH-NYA ...
enjoy these lifes n keep stay in d'right path ...

^_^

at 16:03 on 03 May
ikhlas akan selalu memberikan ketenangan pada diri kita, sabar akan selalu membuat kita memahami diri sepenuhnya, jd ikhlas dan sabar akan menuntun kita menuju manusia yang lebih baik, amiin...

at 16:04 on 03 May
Whuah...whuah...whuah... Tristy... What an inspiring note..
Terima kasih... Aku merasakan dan mengalami hal yang sama.. Tp gak bisa berkata-kata... bisanya cuma nangis aja... ihik-ihik...

at 16:39 on 03 May
iya ya mbak...kita kyknya kok semakin cengeng ya...
kita merasa bersyukur lgsng deh nangis.....terharu terus bawaannya....

at 18:18 on 03 May
Iyaaa nihhh...hmmm dah mulai mendekat nihhh pesanan nya ..ayooo kita ijinkan diri kita untuk menerima nya..Alhamdulillah..terima kasih Ya Allah..

at 21:43 on 03 May
@Ri: semua nya sudah yang terbaik yang bisa kita terima
@Ea: tenang.. pesanan akan datang
@Tjip: terima kasih, mba...alhamdulillah, aku juga punya banyak air mata... berapa obat tetes mata yang harus ku beli.. ini gratis..
@Ni: bukan cengeng, mba... terharu... stok air mataku nambah terus...bisa ngetik, lihat tangan ku bergerak aja udah nangis, ingat ada teman yang kena stroke.. Ya Allah..

at 21:45 on 03 May
@Ani: Ayo Ta... di sambut bareng.. ditangkap bareng.. yuk..yuk... aku mengijinkan diri ku mendapatkan apa yang aku membuatku tenang, yang ku tulis dan ku rasa enak.. wuih... asyik..asyik..Alhamdulillah...pesanan ku datang.... wuah... seneng terus nih... tidur sambil senyum2 nih..

at 21:51 on 03 May
"melihat saat sekarang dengan kesadaran"..wisdom itu yang membuat kita jadi punya guru ikhlas yang banyak dan di mana2...dulu kalo kiita memberi uang pada peminta2, sambil lalu/gak sadar...sekarang kita pilihkan uang yang paling bagus (bukan lecek), kita berikan dengan dua tangan, kalo perlu sambil membungkuk, sambil senyum, ikhlas tanpa ... Read moreberprasangka buruk, apakah dia pura2 atau pemalas, kita ikhlasin...lihat/rasakan reaksinya..ucapan terima kasihnya "menusuk hati"...menyejukkan..rasakan juga "balasanNya" setelah kita "feeling abundance"...betul2 tak terduga...
Matur Nuwun Tristy....IKHLAS IS THE WAY

at 06:05 on 04 May
gw juga lgi dlm proses nich Di biar bisa bersikap sabar dan ikhlas, smoga bisa mencapai pd tahap itu sehingga bisa menuntun gw menjadi manusia yg lebih baik, dunia maupun akhirat, amiennn...sist smua notes yg loe tulis bener2 bikin gw semakin mo mengenal Allah lebih dekat...

at 07:38 on 04 May
menanam dan menyirami boleh dari siapa saja, tapi bertumbuh hanya dengan hubungan pribadi denganNya

at 08:22 on 04 May
shubanallah...guru Ikhlas ada dimana mana dan diri kita sendiri yang mampu menyelaminya...salam ikhlas my soul friends....

at 08:33 on 04 May
wah, subhanallah.. makasih banyak ya ilmunya mbak.. aduh, ampe ga bisa berkata-kata nih.. aku terharu bangettt,, tersentuh bangeettt,,, ya Allah.. alhamdulillah... :)
makasih ya mbak q sayang.. mbak juga salah satu guru ikhlas saya.. makasih tlah berbagi dan mengajarkan keindahan berserah dan ikhlas menerima hadiah terindah dari sang Maha Indah.. :)

at 08:48 on 04 May
subhanallah..subhanallah..subhanallah...terima kasih banyak atas sharenya...tulisannya saya copy-paste mbak...biar enak membacanya...asyiiiikkkkkk....

at 09:12 on 04 May
makasiiih mba tulisannya...pas banget momentnya, pas lg belajar ikhlas atas semua kejadian2 kmrn, pas baca ini..ampe nangis terharu...thanks..

at 09:40 on 04 May
-> memang guru Ikhlas ada dimana-mana...
bilamana tombol ikhlas kita sudah ON (Play),
semua elemen-elemen alam kehidupan secara otomatis akan menyelaraskan dan bekerjasama dengan diri kita, dan membawa diri kita menjadi manusia yang seutuhnya.
Apabila kita sudah menjadi manusia seutuhnya maka secara otomatis hamba-hamba Allah akan datang membantu kita.....

at 09:47 on 04 May
mbak...bagus bgt tulisannya. mohon lain waktu aku juga di tag ya mbak, please...=)

at 09:55 on 04 May
4 miss dian,.. you dont know me..
i was just accidently reading your note...
its nice and give a little light into my cloudy day :)
give me the streghth to be optimistic again.. ^_^ ... TQ

at 09:58 on 04 May
mbak...bisa aku post ga, trs aku kirim ke temen2ku yg lain disini? mohon konfirmasinya ya mbak...makasih sblmnya

at 10:27 on 04 May
Alhamdulillah...banyak sekali guru ikhlasnya nih...
buat mbak tristi..terima kasih banyak...
wusssssssshhhhhhhh....
subhanallah...terima kasih Ya ALLAH...

at 09:28 on 05 May
Alhamdulillah.... hari ini nambah satu ilmu lagi mengenai keikhlasan...
Sebenarnya banyak guru-guru ikhlas di sekitar kita...
tetapi...
kita sering tidak perduli...dan tidak memperhatikan...
Terimakasih ya Allah... Engkau telah membukakan mata hati kami...

at 13:36 on 05 May
Alhamdulillah.. dapat siraman rohani yg sangat menyejukkan hati. Kita memang diwajibkan utk saling mengingatkan. Thanks ya Tristi..eh Dian...eh putri...what ever-lah..yg ku ingat proses ikhlas yg mengalir deras dari perjalanan hidupmu.. dan selalu menginspirasiku..... :)

at 09:59 on 06 May
indah dan powerfull... mbak tristi bisa berbagi makna ikhlas dengan menyentuh..selamat ya mabk..terus berbagi pesan bahagianya..amin.

at 12:20 on 08 May
@Fau: Ya Pak, kadang tatapan matanya yang berterima kasih pun sudah membuat saya bersyukur sekali
@Men: alhamdulillah...aku juga masih belajar
@Arin: dan Dia ada di dalam hati
@Erbe: salam ikhlas, my ikhlas teacher dan juga teman2 sehati yang lain
@Wid: kita semua guru ikhlas bagi yang lain :)

Tristiningsih Dian Ekoputri Sastrodarmodjo at 12:26 on 08 May
@Joes: alhamdulillah. salam ikhlas, pak
@De: Aku juga belajar, Wi.. :) hidup itu untuk belajar. belajar tentang kehidupan
@Be: ikhlas mode ON
@Isna: alhamdulillah, terima kasih kalau dibilang bagus, alhamdulillah
@Yosh: terima kasih, senang bisa berbagi

Tristiningsih Dian Ekoputri Sastrodarmodjo at 12:28 on 08 May
@lady: menyelaraskan hati dengan sekitar
@Ron:alhamdulillah..sama2 mengingatkan
@Yus: alhamdulillah, sama2 pak.. :)



0 comments:

 
© free template by Blogspot tutorial